Selamat Datang

As-salaamu 'alaykum wa rohmatulloH wa barokaatuh. Al-hamdulillaaH, wa syukurillaaH, wa ni'matillaaH, laa hawlaa wa laa quwwataa illaa billaaH, 'amma ba'du. Selamat datang di blog Mujahid. Disini ada artikel tentang Islam, Hacking, Jepang, dll. Jangan bosen2 ya komentar artikel saya. Kalo mau ngambil artikel, cantumin alamat saya ya. Okee! Selamat Menikmati (dikira nasi kotak, haha).

Jam

Kamis, 05 Mei 2011

Arti Nama-Nama Bulan Hijriyah

1. MUHARROM, artinya: yang diharamkan atau yang menjadi pantangan. Penamaan Muharrom, sebab pada bulan itu dilarang menumpahkan darah atau berperang. Larangan tesebut berlaku sampai masa awal Islam.
2. SHOFAR, artinya: kosong. Penamaan Shofar, karena pada bulan itu semua orang laki-laki Arob dahulu pergi meninggalkan rumah untuk merantau, berniaga dan berperang, sehingga pemukiman mereka kosong dari orang laki-laki.
3. ROBI’ UL-AWAL, artinya: berasal dari kata robi’ (menetap) dan awal (pertama). Maksudnya masa kembalinya kaum laki-laki yang telah meninqgalkan rumah atau merantau. Jadi awal menetapnya kaum laki-laki di rumah. Pada bulan ini banyak peristiwa bersejarah bagi umat Islam, antara lain: Nabi Muhammad saw lahir, diangkat menjadi Rosul, melakukan hijrah, dan wafat pada bulan ini juga.
4. ROBI’ UL-AKHIR, artinya: masa menetapnya kaum laki-laki untuk terakhir atau penghabisan.
5. JUMADIL-AWAL nama bulan kelima. Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama). Penamaan Jumadil-Awal, karena bulan ini merupakan awal musim kemarau, di mana mulai terjadi kekeringan.
6. JUMADIL-AKHIR, artinya: musim kemarau yang penghabisan.
7. ROJAB, artinya: mulia. Penamaan Rojab, karena bangsa Arob tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain dengan melarang berperang.
8. SYA’BAN, artinya: berkelompok. Penamaan Sya’ban karena orang-orang Arob pada bulan ini lazimnya berkelompok mencari nafkah. Peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi pada bulan ini adalah perpindahan kiblat dari Baitul Muqoddas ke Ka’bah (Baitulloh).
9. ROMADHON, artinya: sangat panas. Bulan Romadhon merupakan satu-satunya bulan yang tersebut dalam Al-Qur'an, Satu bulan yang memiliki keutamaan, kesucian, dan aneka keistimewaan. Hal itu dikarenakan peristiwa-peristiwa peting seperti: Allah menurunkan ayat-ayat Al-Quran pertama kali, ada malam Lailatul-Qodar, yakni malam yang sangat tinggi nilainya, karena para malaikat turun untuk memberkati orang-orang beriman yang sedang beribadah, bulan ini ditetapkan sebagai waktu ibadah puasa wajib, pada bulan ini kaurn muslimin dapat menaklukan kaum musyrik dalam perang Badar Kubro dan pada bulan ini juga Nabi Muhammad saw berhasil mengambil alih kota Makkah dan mengakhiri penyembahan berhala yang dilakukan oleh kaum musyrik.
10. SYAWWAL, artinya: kebahagiaan. Maksudnya kembalinya manusia kedalam fitroh (kesucian) karena usai menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat serta saling bermaaf-maafan. Itulah yang membahagiakan.
11. DZUL-QOIDAH, berasal dari kata dzul (pemilik) dan qo’dah (duduk). Penamaan Dzul-qoidah, karena bulan itu merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki Arob dahulu. Mereka menikmatmnya dengan duduk-duduk di rumah.
12. DZUL-HIJJAH, artinya: yang menunaikan haji. Penamaan Dzul-hijjah, sebab pada bulan ini umat Islam sejak Nabi Adam as. menunaikan ibadah haji. Sumber: www.eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar! 1 komentar sangat berarti untuk kemajuan blog ini.